Sabtu, 18 Desember 2010

Tanpa ‘The Doctor’ Yamaha Pincang

Jum'at, 17 Desember 2010 , 07:06:00 WIB

VALENTINO ROSSI
  
RMOL. Hijrahnya juara dunia MotoGP tujuh kali, Valentino Rossi diprediksi bakal merepotkan tim Yamaha. Pasalnya, tanpa kehadiran The Doctor, tim berlambang garpu tala itu akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan motornya, YZR M1.

Pembalap asal Italia itu bukan ha­nya piawai dalam me­nung­ga­ngi ‘kuda besi’ di lintasan. Di da­pur mekanik, bekas pebalap Hon­­da itu juga rajin memberikan masukan pada timnya untuk mem­perbaiki performa motor­nya, termasuk motor jenis YZR M1 yang dipakai Yamaha.

Sejak bergabung dengan Ya­maha pada tahun 2004, karier Rossi bersama cukup fantastis, dia mempersembahkan empat gelar juara dunia. Sedangkan un­tuk musim 2010, tandemnya Jorge Lorenzo meraih gelar juara dunia.

Kondisi tersebut, diakui me­kanik andalan Rossi, Jerry Bur­gess yang mengatakan Yamaha ha­rus puter otak untuk bisa tetap mendominasi balapan musim depan. “Yamaha harus banyak m­e­lakukan perubahan jika ingin te­rus menjadi raja. Jika tidak, me­reka bakal dilibas dua ri­val­nya, Ducati dan Honda. Mung­kin ketiadaan Rossi akan men­jadi awal terganggunya proses pengembangan Yamaha,” ujar Burgess dikutip Motorcycle News.

“Honda sudah menemukan per­formanya, sementara ke­ce­pa­tan Ducati hanya beberapa ki­lo­meter lebih tinggi dari Yamaha, na­mun akselerasi Ducati lebih baik,” kata mekanik asal Aus­tra­lia tersebut.

Burgess mengaku, sangat me­ngenal dekat dengan Yamaha, apalagi dia selalu menjadi bagian dari Rossi selama tujuh musim. Kini, Burgess juga akan me­ning­gal­kan Yamaha karena ikut deng­an Rossi.

Terkait performa Rossi yang be­lum maksimal bersama Du­cati, Burgess, mengatakan bah­wa timnya tak perlu panik melihat hasil tes post-season yang dilakukan pa­da 9-10 No­vember lalu di Valencia. Me­nurutnya, hasil ter­sebut sangat wajar karena semua hal baru bagi The Doctor.

“Tak ada alasan untuk panik, mes­kipun hasil tes Valentino itu tidak biasa. Semuanya baru bagi Rossi, begitu juga bagi saya sendiri serta timku,” tukasnya.

Sementara itu, sebelumnya pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo menegaskan lebih cocok deng­an rookie terbaik MotoGP 2010, Ben Spies di­banding Rossi. Spies akan meng­gan­tikan posisi Rossi di balapan musim depan.

“Ben sepertinya orang yang baik. Hubungan kami bagus. Ka­mi berbagi lelucon dan saya pikir (hubungan) ini akan berjalan dengan lebih mudah ketimbang saat bersama Valentino,” kata Lo­renzo seperti dikutip Cra­shnet.

“Kami adalah rival, kami pe­saing dan kami akan saling ber­usaha mengalahkan, itu ke­nya­taannya. tapi hubungan kami akan baik-baik saja,” tegas Lo­renzo yang pernah perang dingin dengan Rossi itu. 
sumber : http://olahraga.rakyatmerdeka.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar